Bulan Ramadhan yang penuh berkah sebentar lagi tiba. Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia. Setiap ibadah yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan, niscaya pahalanya akan dilipatgandakan. Inilah bulan untuk beramal sebanyak-banyaknya. Baik itu ibadah shalat, zakat, sedekah, infak, membaca Alquran, dzikir, shalawat dan lain sebagainya. Demikian juga dengan ibadah umrah. 

Bagi mereka yang mampu, Ramadhan juga memberikan kesempatan untuk memetik suatu keistimewaan yang luar biasa melalui umrah Ramadhan. Karena keutamaan itu, Tak heran, banyak umat Islam dari seluruh dunia yang menyengaja mengerjakan umrah pada bulan Ramadhan. Umrah tersebut dapat dilaksanakan di awal Ramadhan, tengah Ramadhan, atau akhir Ramadhan.

Berikut ini adalah beberapa keutamaan umrah di bulan Ramadhan
  • Ada satu hadits Rasulullah yang masyhur dan shahih, ‘Barangsiapa yang umrah bersamaku di bulan Ramadhan nilainya sama dengan pergi haji bersamaku. (HR. Imam Bukhari dengan Fathul Baari 4/74 dll).’ “Jika bulan Ramadhan telah tiba, maka tunaikanlah umrah, sebab umrah di bulan Ramadhan menyamai ibadah haji.” (HR. Al-Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1258) Tetapi wajib diketahui, meskipun umrah di bulan Ramadhan berpahala menyamai haji, tetapi ia tidak bisa menggugurkan kewajiban haji bagi orang yang wajib melakukannya.
  • Di bulan Ramadhan, ada hari-hari yang kemungkinan turunnya Lailatul qadar. Jadi, selain setiap saat kalau beribadah dibalas dengan banyak kebaikan, ada kemungkinan bertemu satu malam yang nilainya lebih baik dari 1.000 bulan.
  • Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa. Setiap amal dilipatgandakan berlipat-lipat. Amalan yang bernilai sunnah, apabila dilaksanakan pada hari-hari Ramadhan maka pahala yang diperoleh senilai dengan amalan fardhu. Sedangkan amalan yang sifatnya fardhu apabila dilaksanakan pada bulan Ramadhan maka pahala yang diperoleh 70 kali lipat lebih besar dibandingkan apabila dilaksanakan pada hari di luar Ramadhan. Ramadhan juga merupakan kesempatan untuk memohon ampun atas segala dosa.
Pimpinan Ponpes Wisata Hati Ustad Yusuf Mansur menegaskan, bahwa umrah Ramadhan itu sangat istimewa. ”Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa. Setiap amal dilipatgandakan berlipat-lipat. Ramadhan juga merupakan kesempatan untuk memohon ampun atas segala dosa. Karena itu, sangat dianjurkan bagi mereka yang mampu untuk menunaikan umrah Ramadhan,” ujar Yusuf Mansur .

Ia menyebutkan, balasan pahala dari Allah SWT di bulan Ramadhan luar biasa. ”Nabi mengatakan, shalat di Masjid Nabawi sama dengan shalat 100.000 rakaat. Sedangkan di bulan Ramadhan, pahala ibadah itu oleh Allah dilipatgandakan. Bayangkan, 100.000 dikalikan berkali-kali lipat, hasilnya tak terhingga,” tandas Yusuf Mansur yang juga Pembimbing Ibadah PT Saudi Wisata Travel. 
Pakar ekonomi Islam yang juga Ketua Umum Baznas-Dompet Dhuafa, Prof Dr KH Didin Hafidhuddin menambahkan, Rasulullah menganjurkan umatnya untuk melaksanakan umrah di bulan Ramadhan. Selain nilai ibadahnya sama dengan haji, beri'tikaf di Masjidil Haram di Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha, pahalanya juga akan dilipatgandakan. ''Mereka yang beribadah di Masjidil Haram di bulan Ramadhan, pahalanya sama dengan 100 ribu kali ibadah di bulan lain. Demikian pula beribadah di Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha, pahalanya akan ditingkatkan,'' ungkap Kiai Didin. 

Pakar ekonomi Islam yang juga pimpinan Tazkia Group, Dr Muhammad Syafi'i Antonio mengatakan dari sisi nilai ibadah, umrah di bulan Ramadhan memang sangat tinggi ganjarannya. Lalu, yang manakah yang lebih utama, awal, pertengahan atau akhir Ramadhan? ''Semuanya utama, namun umumnya jamaah lebih banyak berkumpul di 10 hari terakhir Ramadhan. Yang pasti, umrah Ramadhan merupakan momentum untuk melakukan amal ibadah dengan penuh ketenangan, lebih baik, introspeksi diri, dan perbaikan diri. Baik di awal Ramadhan, pertengahan maupun akhir Ramadhan,'' kata Syafi'i Antonio.

Bagi yang mampu, umrah Ramadhan itu sangat dianjurkan. Mengapa? Karena umrahnya itu sendiri merupakan ibadah yang utama, selain itu, Ramadhan merupakan bulan yang sangat berkah. Perpaduan umrah dan Ramadhan itu menghasilkan keutamaan-keutamaan yang luar biasa. Itu sebabnya, Rasulullah SAW menganjurkan umrah pada waktu Ramadhan 

PT ARMINAREKA PERDANA
Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990
Izin Umroh D/78 th 2015 & Izin Haji Plus D/136 th 2015

KANTOR PERWAKILAN
Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya
Telp: 0813-3299-8866 (SIMPATI), 08585-268-5353 (INDOSAT), 0878-5180-3366 (XL)
PINBB: NurAnisa
Email: arminarekacabang@gmail.com
Website: www.caramudahkebaitullah.com
Web Support: www.arminarekaperdana.biz

KANTOR PUSAT 
Gedung Menara Salemba Lt.5
Jl.Salemba Raya No.05 Jakarta Pusat 10440
Telp: 021.3984 2982, 3984 2964, Fax : 021.3984 2985
Website: www.arminarekaperdana.com

Jadikan Perjalanan Ibadah Penuh Hikmah Bersama Arminareka Perdana

About the Author

Nur Anisah Majid S.H., M.Si
Kantor Perwakilan Arminareka Perdana. Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya. Telp: SIMPATI: 081-332-99-88-66 (WA), XL: 0878-5180-3366, INDOSAT: 08585-268-5353, PIN BB: NurAnisa, Email: arminarekacabang@gmail.com !

Related Posts

0 komentar