Rabu, 27 Juli 2011

Biaya Umrah Melonjak, Peminat Malah Tinggi

Prospek Bisnis Travel Haji Umrah
Biaya Umrah Melonjak, Peminat Malah Tinggi
Sumber Jawapos, Kamis 21 Juli 2011
Rubrik Ekonomi Bisnis Hal 6
Bulan Puasa dan Lebaran tidak hanya menjadi musim panen bagi Industri consumers goods, paket wisata ke luar negeri (outbound) mengalami kenaikan 10% dibandingkan dengan bulan biasanya. Padahal, ada beberapa biaya paket perjalanan wisata yang mengalami kenaikan harga hingga dua kali lipat.

Ketua Association of Indonesian Tour and Travel Agency (ASITA) Arifudinsyah mengatakan, peminat wisata ke luar negeri pada masa liburan mendekati puasa dan Lebaran tahun ini meningkat. “Inbound di Jawa timur masuk masa low season, Sementara itu outbound baik untuk wisata ibadah maupun tours, malah naik” ungkapnya saat dihubungi kemarin (20/7). Untuk tur outbound lanjut dia, tujuan negara wisata sebagian besar masih ke wilayah ASEAN dengan masa perjalanan mulai satu minggu. Harga paket rata-rata mulai USD 2000 per orang.

Khusus Paket Wisata Ibadah Umrah, Arifudinsyah mengatakan bahwa jumlah peminat malah naik, meski harganya naik hingga 100%. Tingginya kenaikan harga disebabkan banyaknya warga negara kawasan Timur Tengah yang memanfaatkan Ramadhan untuk Umrah. Permintaan yang tinggi itu diikuti kenaikan biaya perjalanan. “Jika biasanya harga perjalanan umrah USD 1300 – USD 1500 per orang, menjelang puasa dan Lebaran bisa mencapai USD 2500 bahkan USD 3000”paparnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar