Berkunjung ke tanah suci adalah momen terindah bagi umat Islam. Apalagi jika disertai keluarga tercinta. Hal yang selalu diingat ketika umrah bersama anak, adalah jangan sampai kita mendzalimi anak-anak untuk kepentingan ibadah kita jadi harus menyesuaikan dengan kondisi anak, tujuan mengajak anak pergi umrah adalah menjadi sarana mengajarkan anak akan nilai-nilai agama. 

Kondisi cuaca sangat berpengaruh pada kondisi tubuh kita saat beraktivitas, terutama anak – anak. Perlu penentuan waktu yang cermat dalam memilih jadwal umrah. Jika berumroh saat awal Juni atau Juli,  udara di Tanah Suci sudah cukup panas bagi orang Indonesia. Hal ini berefek menjadi cepat lelah dan ingin sering-sering minum dingin dan perlu kita waspadai saat-saat seperti inilah, lelah, cuaca panas, sering minum dingin, daya tahan tubuh menurun penyakit bisa sangat mudah menghinggapi tubuh kita. 

Apalagi bagi anak-anak dan ibu menyusui, aturlah ritme kegiatan dengan mengikuti kondisi tubuh kita dan anak. Makanlah dengan teratur, usahakan walaupun pengen jangan terlalu banyak minum dingin. Air zam zam, yoghurt, madu bisa sangat membantu mempertahankan stamina tubuh. Serta jangan lupa untuk banyak-banyak lah berdoa kepada Allah SWT agar ibadah kita lancar tanpa halangan suatu apa. 

Disini akan dibahas persiapan – persiapan apa saja yang perlu dilakukan mulai dari sebelum keberangkatan dan pada saat proses menjalankan ibadah umrah tersebut. Berikut tips umrah bersama anak kecil atau bayi : 

Memilih Travel atau KBIH ? 

Biaya umrah jumlahnya tentu sangat bervariasi tergantung pilihan kelas penyelenggara baik KBIH atau Travel. Yang pasti harga sesuai fasilitas. Paket Umrah dapat mempengaruhi kenyamanan dalam beribadah bersama anak, apakah tidur di hotel bintang atau apartemen, dan berapa jarak tempat penginapan terhadap masjid, apa saja area ziarah yang dikunjungi, dan fasilitas bimbingan sebelum dan selama perjalanan umrah 

Travel dan KBIH yang melayani umrah dan haji di Indonesia sangat banyak, yang perlu diperhatikan juga adalah apakah travel itu memiliki ijin umrah dan haji dari Kementrian Agama RI dan bisa dilihat di www.kemenag.go.id. Pilihlah Travel dan KBIH yang berpengalaman memberangkatkan jamaah dan salah satunya adalah Travel Arminareka Perdana yang sejak 1990 telah menjadi kepercayaan ribuan jamaah di Tanah Air. 

Mintalah referensi dari teman terpercaya yang pernah menggunakan jasa biro Travel atau KBIH tersebut. Pastikan anda sendiripun melakukan konter cek secara langsung ke biro Travel atau KBIH tsb, karena situasi dapat berbeda dari waktu ke waktu. Kumpulkan informasi sebanyak - banyaknya baik di media online maupun pada saat pameran umrah berlangsung

Memilih Jadwal Yang Pas 

Di bulan apa sebaiknya membawa anak umrah, Jika anak masih belum sekolah, anda bisa mengajak umrah pada bulan Maulid, karena suasana di Masjid lebih sepi,  selain itu cuaca di Tanah Suci masih belum pada puncaknya. Kalau anak anda sudah aktif bersekolah, mau tidak mau memilih pada saat liburan sekolah. Dan umumnya, biaya paket umrah pada saat liburan sekolah sekitar bulan juni dan juli lebih mahal dari bulan yang lain. 

Memilih Fasilitas Yang Nyaman

Karena ibadah umrah bersama anak, tentu kita harus mempertimbangkan kenyamanan anak agar anak bisa menikmati proses pembelajaran nilai agama dan tidak kapok, dan yang perlu diperhatikan adalah harga umrah sesuai fasilitas dan beberapa yang harus diperhatikan adalah

Pilih fasilitas menginap di hotel dan jangan menggunakan apartemen, dan pastikan letak penginapan sangat dekat dengan Masjid, agar anak tidak capai bolak balik ketika melaksanakan shalat fardhu 5 waktu. Dan dengan fasilitas hotel tentu anak akan merasa nyaman dan kualitas tidur anak akan terjaga. 

Perhatikan juga layanan manasiknya, pilih travel atau KBIH yang memberikan manasik baik teori dan praktek. Dengan praktek manasik, anak akan lebih mudah menyerap. Pilih jadwal dimana rombongan jamaahnya maksimal 30 orang, agar tour leadernya lebih maksimal dalam memberikan pelayanan.

Persiapan Dana  

Dibagi menjadi dua yaitu dana untuk biaya umroh dan dana diluar biaya umroh. Dana untuk biaya umroh adalah dana yang dipersiapakan untuk membiayai paket umroh, dan itu sifatnya tetap. Andaikata ada kenaikan karena akomodasi hotel, tiket dan kebijakan kementrian pada saat itu, umumnya naik sekitar 50 sd 100 dollar saja.

Untuk dana di luar biaya umroh adalah biaya yang tidak termasuk paket umroh. dibagi menjadi dua, biaya sebelum berangkat dan biaya ketika di tanah suci. Biaya sebelum berangkat seperti, biaya handling, pengurusan paspor, suntik vaksin, membeli perlengkapan yang akan di bawa ke tanah suci, dll

Sedangkan biaya ketika di tanah suci adalah dana untuk transaksi dan berjaga-jaga, dana transaksi ini jadi penting manakala anda membawa anak, maklumlah, sepanjang jalan menuju masjid baik di Madinah atau Makkah dipenuhi oleh toko-toko yang isinya menggiurkan. Membeli cindera mata bagi keluarga, kerabat dan rekans tercinta atau mencicipi kuliner dan lain lain.

 Persiapan Fisik dan Hati 

Persiapan fisik/pikiran dan hati secara umum diantaranya :
  • Mempersiapan pengetahuan dasar tentang Umrah : Pilihlah Travel atau KBIH dimana manasiknya mengajarkan teori sekaligus praktek, jika tidak maka sebagai konsekuensinya anda harus mandiri mempelajari ritual umrah. Dengan manasik praktek, maka anak akan lebih mudah menyerap ritual ibadahnya dan mengerti gambaran besarnya ketika telah tiba di Tanah Suci. Dan jangan lupa, karena ini pengalaman pertama bagi anak maka sebaiknya sebulan sebelum keberangkatan, perlu pembekalan berbagai buku dan mengunduh video gratis tentang haji dan umrah. Selain pengetahuan dasar mengenai umrah, membaca sejarah nabi juga perlu dilakukan sehingga anak bisa memaknai ziarah dengan lebih baik. Karena di Tanah Suci ada tempat tempat mustajab berdoa, suruhlah anak-anak menuliskan doa di note masing-masing. Doa dalam bahasa Indonesia, ditambah harapan dan impian pribadi dan semuanya ditulis tangan. Hal ini efektif agar anak paham lalu membayangkan dan menuliskan akan apa yang mereka maui di masa kini dan yang akan datang, menyampaikannya secara jelas dari mereka sendiri, dan berkeyakinan bahwa hanya kepada Allah SWT lah mereka meminta. 
  • Suntik Vaksin MeningitisHal yang paling sulit bagi orang tua adalah mengajak anak untuk suntik vaksin, karena umumnya anak paling takut jarum suntik. Karena vaksin meningitis memang syarat mutlah untuk pergi umrah mengesampingkan apakah bahan tersebut halal atau haram. Tujuan imunisasi adalah untuk melindungi jamaah dari penularan penyakit meningitis selama 3 tahun. Selain itu untuk mencegah penularan antar jamaah dari seluruh dunia serta mencegah penularan meningitis kepada keluarga di tanah air. Meningitis meningokokus ditularkan langsung melalui percikan cairan hidung dan tenggorokan pada saat batuk/bersin dari penderita. Penyakit ini menyerang selaput otak (meningen) dan dapat menimbulkan cacat bahkan kematian. Karena pentingnya vaksin dan agar anak mau disuntuk, mungkin orang tua perlu memberikan hadiah apa yang disukai anak, misalkan makan ice cream atau rekreasi bila berani disuntik 
  • Olah RagaPastikan anda dan anak berolahraga secara teratur dengan intensitas yang meningkat. Tawaf dan sa’i memerlukan kekuatan fisik yang prima. Apalagi jika berumrah di musim panas. Sorotan matahari 45⁰ C akan menjadi tantangan. Buatlah acara jalan kaki bersama keluarga secara rutin sejak 2 minggu sebelum keberangkatan. 
  • Persiapan hati dan silaturahmi. Selalu introspeksi, buka renungan ke dalam diri dan keluarga. Apa sih yang saya maui di dalam hidup ini. Ingin dikenang sebagai apa saya kelak?. Saat menuliskan doa, harapan dan impian tentu ada perbenturan antara anggota keluarga. Perbanyak silaturahmi ke orang tua, sanak saudara, tetangga, rekan untuk  minta doa dan saling bermaaf - maafan.  
  • Sandang dan Pernik lainnya : Persiapan sandang disini tidak hanya terkait pakaian melainkan juga pernak-pernik lain yang anda butuhkan saat ber-umrahDaftar bawaan anak yang perlu diperhatikan
    • Paspor dan kartu vaksin anak kita, jika dari Indonesia kalau tidak salah diwajibkan vaksin meningitis bagi anak usia di atas 2 tahun. Jika perlu, siapkan fotocopy-annya jika dibutuhkan sewaktu-waktu ga ribet 
    • Baju yang cukup, walaupun bisa mencuci paling tidak cukup untuk sekitar 3-5 hari tanpa mencuci. Pilih bahan baju bayi yang menyerap keringat, adem dan nyaman 
    • Toiletries, diapers, tisu basah dan kantong plastik maupun plastik bening ber seal 
    • Makanan dan camilan anak, biscuit , susu dll sesuai selera anak kita sertakan juga tupperware dan botol minum kecil
    • Sepatu, sandal, kaos kaki anak, topi, handuk kecil, perlengkapan mandi
    • Sunblock dan hand body, atau cream pelembab, bisa juga dengan minyak zaitun. 
    • Obat-obatan, madu, thermometer dan masker 
    • Mainan anak, sebaiknya hindari yang berbunyi dan berbentuk menyerupai manusia karena beberapa orang masih menganggap benda tersebut tdk boleh masuk masjid maupun bisa mengganggu 
    • Stroller, tapi hanya bisa sampai pintu masuk masjid so....bawalah gendongan
    • Jaket atau selimut jika musim dingin, bisa juga menjadi alas saat anak ketiduran di masjid, bisa juga membawa apron, kain, pashmina or sejenisnya untuk sekedar alas or penutup saat menyusui. 
    • Payung, kacamata, topi
Setelah menguraikan beberapa tps yang harus diperhatikan menjelang keberangkatan umrah bersama anak ke tanah suci, di artikel selanjutnya ada tips yang harus diperhatikan ketika menjalankan proses ibadah umrah bersama anak.
Cara Mudah & Cepat Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah Tanpa Kendala Biaya


Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990 
Izin Umroh D/142 th 2009 & Izin Haji Plus D/80 th 2009 
Kantor Perwakilan Surabaya - Jawa Timur 
Divisi Marketing Armina Utama Sukses
Jl. Semolowaru Elok AL 2
031-7111 3345

Kantor Pusat 
PT ARMINAREKA PERDANA 
Gedung Menara Salemba Lt.V
Jl.Salemba Raya No.05 Jakarta Pusat 10440
Telp : 021.3984 2982 , 3984 2964
Fax : 021.3984 2985

Tagged as

About the Author

Nur Anisah Majid S.H., M.Si
Kantor Perwakilan Arminareka Perdana. Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya. Telp: SIMPATI: 081-332-99-88-66 (WA), XL: 0878-5180-3366, INDOSAT: 08585-268-5353, PIN BB: NurAnisa, Email: arminarekacabang@gmail.com !

Related Posts

0 komentar