Memiliki waktu senggang dimanfaatkan penyanyi Rossa untuk menunaikan ibadah haji. Rossa mengaku sudah lama berniat menginjak tanah suci tersebut. Namun, kesempatannya baru direalisasikan tahun ini. "Pasti semua umat muslim saya rasa berkeinginan naik haji. Kebetulan diberikan kesempatan tahun ini, alhamdulilah," tandasnya

Saya insya Allah naik haji tanggal 12 Oktober 2012, sendirian insya Allah. Saya sengaja memang, saya diberikan sama Allah SWT banyak sekali waktu, banyak kebahagiaan, baik materi dan lahir batin," ungkap Rossa ditemui di Tebet Jakarta Selatan, Senin 1 Oktober 2012.

Sebelum berangkat, Rossa mengaku menemui banyak kemudahan menuju jalan menunaikan ibadah haji. "Saya diberikan kelancaran mulai dari ngumpulin uangnya, pas daftarnya. Sahabat-sahabat saya banyak bantu. Sekarang saya pergi hajinya sendirian," kata Rossa 

Ia pun telah menyiapkan mentalnya untuk menunaikan rukun Islam yang kelima itu. Tapi sebelum berangkat haji, Rossa terlebih dahulu mengelar pengajian di kediamannya di Kawasan Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin 8 Oktober 2012 malam. Pada kesempatan tersebut Rossa meminta doa untuk keselamatannya selama menunaikan ibadah haji.

Selain itu, ibu satu orang anak ini juga meminta maaf pada kedua orangtuanya dan juga kerabatnya. Ini dilakukan agar langkah Rossa terasa ringan saat menjadi tamu Allah."Aku nangis, terharu juga. Aku minta maaf dan mohon doa restu supaya lancar ibadahnya," ucap Rossa.

Mantan istri penabuh drum 'Padi', Yoyok ini mengaku sudah lama memendam keinginan menunaikan rukun Islam kelima itu.  Pelantun Nada-nada Cinta itu mengaku memang sedikit menyimpan rasa takut. Oleh sebab itu, kata Rossa, dirinya telah menyiapkan mental dan fisiknya sejak lama.

"Saya hanya tamu Allah SWT, semoga saya diberikan kelancaran, diberikan kenikmatan. Saya berpikiran positif aja," tutup penyanyi asal Sumedang tersebut.Ibu satu anak itu juga sedikit sedih karena harus meninggalkan buah hatinya, Rizky Langit Ramadan. Meski begitu ia bersyukur bisa menunaikan ibadah ke Tanah Suci.

“Sedih ada karena saya meninggalkan keluarga. Tapi saya juga bersyukur karena diberikan kesehatan, kesempatan yang diidam-idamkan oleh umat Islam,” tuturnya.

Pada Jumat 12 Oktober 2012 Rossa meninggalkan Tanah Air menuju Tanah Suci dalam rangka menunaikan ibadah haji.  Kepergian Rossa dari Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, diiring tangis haru dari keluarga dan kerabat dekatnya.

Kepada wartawan yang menemuinya, Rossa sempat berpamitan dan berharap bisa menunaikan ibadah dengan khusyuk. "Saya akan beribadah haji dan di sana selama 21 hari. Semoga di sana lancar dan bisa mendapatkan kenikmatan beribadah," katanya kala itu.

Profesinya sebagai penyanyi memang sudah jadi identitas Rossa. Sebulan ke depan, saat menjalankan ibadah haji, pemilik nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handayani itu tidak ingin dikenal sebagai penyanyi.

Tak bisa dipungkiri, namanya sebagai diva di Indonesia memang cukup dikenal seantero Indonesia bahkan sampai negara tetangga. Namun keinginannya untuk khusyuk ibadah, mantan istri Yoyo Padi itu ingin dipandang seperti jamaah haji yang lainnya."Aku ke sana bukan sebagai Rossa penyanyi, aku ingin jadi seperti jamaah lain, ketika pulang dari sana jadi orang yang baik," ujar Rossa

Keberangkatannya ke tanah suci, Makkah, bukan kali pertama bagi Rossa, tetapi untuk menjalankan rukun Islam kelima merupakan pertama kalinya. Pelantun Ayat-Ayat Cinta itu pun mengaku berdebar-debar."Was-was sih, tapi aku kan mau jihad memenuhi panggilan Allah SWT sebagai muslim, lebih deg-degan aja ini kan berangkat haji kalau sebelumnya umroh, itu berbeda," tandasnya.

"Awalnya saya pergi haji itu agak takut nanti di sana dosa-dosanya diperlihatkan, jadi saya di sini ya Allah tutupin aib saya dari pandangan saya, dari pandangan orang lain, dikasih yang baik-baik, ternyata saya diberikan yang manis-manis," tuturnya. selama beberapa hari di sana, Rossa bersyukur diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah hajinya.

Rosa mendarat di Bandara King Abdul Azis Jeddah, Sabtu  13 Oktober 2012 pada pukul 19.00 waktu Arab Saudi atau pukul 23.00 WIB dan keluar dari gedung bandara sekitar pukul 20.30 waktu Saudi.

Saat wawancara pelantun pemilik 15 Diva Family Karaoke itu tampil seadanya tanpa make up, hanya berjilbab putih bercorak kembang berwarna ungu dan hijau. "Masak difoto sih, belum mandi nih," ujarnya lalu tersenyum sambil memperbaiki tutupan kerudung di kepala.

Dia menjelaskan motivasinya berhaji untuk memperkuat iman sebagai seorang muslimah. "Lebih kepada memperkuat iman pada diri sendiri. Doakan semoga menjadi mabrur," ujarnya.

Tak hanya menunaikan ibadah, pelantun "Ku Menunggu" itu juga niat berdoa untuk mendapatkan jodoh pasangan hidupnya kelak. Sejak menjanda tiga tahun lalu hingga saat ini, Rossa belum kembali menikah. Namun dia kerap dikabarkan dekat dengan beberapa pria.

Banyak doa yang akan dipanjatkan Sri Rossa Roslaina Handayani saat melangsungkan ibadah Haji. "Insya Allah, mudah-mudahan memang jodoh yang terbaik yang dipilihkan Allah. Kalau kita manusia kan cuma lihat wujudnya. Jadi mudah-mudahan dapat yang terbaik," tutupnya.

Selain berdoa meminta jodoh, Rossa juga berdoa supaya bisa meninggikan derajat di mata Allah SWT, di mata manusia, anak dan keturunan saya. Mudah-mudahan sholeh dan panjang umur. Yang paling pasti dikumpulkan lagi ketika kita semua meninggal di surga, mudah-mudahan, amin," tandas Rossa.

Selama menunaikan ibadi haji, Rossa mengaku lega. Pasalnya, di sana dia tidak mengalami kesulitan atau hal yang aneh-aneh.Selama di Tanah Suci, pelantun "Tegar" ini menjadi lebih mudah menangis karena terlalu khusyuk beribadah.

"Saya cengeng banget, apa yah Habib itu pintar sekali membangun perasaan kita, membangun rekan kita. Saya selalu di sana doain itu, terutama orang tua, mudah-mudahan bisa sehat panjang umur, dan saya bersyukur sekali diberikan orangtua yang mencintai saya betul-betul apa adanya, sekarang maupun saya dulu tidak ada perbedaan, dan adik-adik saya," ucap Rossa
Meski berstatus seorang selebriti, Rossa mengaku tidak terganggu dengan tersebut saat menjalani ibadah haji. Seperti jemaah lainnya, Rossa tetap dapat menjalankan ibadahnya dengan khusyuk.

"Alhamdulillah sih enggak terganggu. Karena itu yang saya bingung manajer saya bilang, 'Bu di sana emang kamu dikawal?'," ucap Rossa. Rossa sempat heran karena dirinya disebut jemaah lain menggunakan pengawal saat menunaikan ibadah haji. Mantan istri Yoyok "Padi" ini membantah menggunakan jasa pengawal selama berada di Tanah Suci.

"Dikawal aku bilang enggak. Setiap orang melihat ada saya katanya saya banyak dikawal. Banyak orang bilang begitu, aku enggak ngerti. Aku enggak sewa pengawal kok," tandasnya.

Penyanyi Rossa terlihat ceria saat menginjakkan kakinya di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Rabu  17 Oktober 2012. Tak heran, ia pun menyempatkan diri berpose di pelataran masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan mengunggahnya melalui akun Twitter miliknya @mynameisrossa

Mengenakan hijab hitam, pelantun "Tegar" itu terlihat bugar dengan senyum mengembang.  Seperti ditulis Rossa dalam caption foto yang diunggah untuk pertama kalinya selepas menjalani ibadah haji, Rossa baru saja melakukan salat dhuha di Masjid Nabawi.

Dua foto diunggah Rossa untuk menyapa para follower-nya. Beberapa menit sebelumnya, penyanyi kelahiran Sumedang, Jawa Barat itu, mengunggah foto kubah hijau yang menjadi ciri khas Masjid Nabawi dilengkapi caption, "Assalamualaika ya Rasulullaah,”


Dua puluh hari penyanyi Rossa menunaikan ibadah Haji di tanah suci Makkah, selama di tanah suci, pemilik nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handayani itu selalu mendapat kemudahan. Oleh karena itu dirinya sangat bersyukur dengan apa yang dirasakannya selama di sana. Rossa mengaku fokus ibadah dan sering menangis di hadapan kabah.

"Aduh Masya Allah, alhamdulillah, semuanya lancar. Di sana begitu sampai di hari pertama kita langsung diurusin, menunggunya juga tidak lama. Di imigrasi paling hanya 2 jam, padahal biasanya ada yang 6 jam sampai 8 jam, Masya Allah, Allah memberikan kemudahan," ujar Rossa sumringah, di bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Kamis (1/11/2012).

Namun, Rossa yang berangkat bersama rombongan Cordova merasa bahagia bisa kembali dengan selamat bertemu kembali dengan buah keluarga dan buah hatinya.

Tetapi, wanita yang mulai dikenal sesudah menyanyikan lagu "Nada-nada Cinta" ini senang karena ayah, ibu, dan adik iparnya menjemputnya. Dalam kesempatan tersebut, Rossa kemudian menuturkan bahwa tidak banyak ole-oleh yang dibawanya dari Mekkah. "Saya itu paling langka belanja. Saya terkenal sama teman-teman itu cuma makan tidur. Sekalinya belanja pas kalau kehabisan baju," ucapnya.

Meski demikian, Rossa tidak lupa untuk membawa ole-oleh untuk pacarnya. "Dibelikan madu doang, kasihan ya," tandasnya

"Sedihnya disana saya satu kamar sama yang single, yang lain maaf-maafan sama suaminya saya dan teman saya cuma bisa bengong," ucap Rossa ditemui di Cordova Lounge, Bandara Sokearno Hatta, Tangerang, Kamis 1 November 2012.

Bekas istri Yoyo ini tak menampik sangat mengimpikan dapat menunaikan ibadah haji ditemani dengan suami. Namun menurutnya ia tak mengetahui kapan hal tersebut bisa terjadi padanya.

"Tapi memang paling nikmat sepertinya kalau naik haji bersama pasangan, tapi kalau nunggu pasangan dulu mau kapan naik hajinya," tandasnya.
Rossa berharap, sepulang dari tanah suci, mampu menemukan ketenangan lahir dan batin. "Pastinya selamat lahir batin dunia dan akhirat, mau mendapat ketenangan," ungkapnya.

Penyanyi Rossa mengaku memiliki rasa takut akan kondisi dirinya kelak sepulang dari menunaikan ibadah haji. Apa ketakutannya?   "Rasa takutnya itu adalah ketika pulang dari sana apakah saya bisa jadi orang yang lebih baik.

Diva pop Indonesia Rossa mempertimbangkan untuk berjilbab setelah berhaji nanti, meskipun dia mensyaratkan kesiapan hatinya terlebih dahulu sebelum memutuskan berjilbab.

Sumber :


PT ARMINAREKA PERDANA SURABAYA
Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990
Izin Umroh D/146 th 2012 & Izin Haji Plus D/230 th 2012
Kantor Perwakilan Surabaya - Jawa Timur
Divisi Marketing Lima Utama Sukses
Konsorsium Juanda Surabaya
Jl. Semolowaru Elok AL 2
031-7111 3345
www.arminarekajatim.blogspot.com

KANTOR PUSAT PT ARMINAREKA PERDANA
Gedung Menara Salemba Lt.V
Jl.Salemba Raya No.05 Jakarta Pusat 10440
Telp: 021.3984 2982, 3984 2964 
Fax : 021.3984 2985
www.arminarekaperdana.com    

About the Author

Nur Anisah Majid S.H., M.Si
Kantor Perwakilan Arminareka Perdana. Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya. Telp: SIMPATI: 081-332-99-88-66 (WA), XL: 0878-5180-3366, INDOSAT: 08585-268-5353, PIN BB: NurAnisa, Email: arminarekacabang@gmail.com !

Related Posts

0 komentar