http://arminarekajatim.blogspot.com/2014/10/qurban-berkah-nusantara-1435-h.html

Kembali, nikmat Allah SWT hadir dengan kesempatan kepada kita untuk menikmati keberkahan dan keutamaan Idul Adha dengan berqurban. Karena Qurban adalah bukti ketakwaan. “Daging -daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai(keridhaan) Allah SWT , tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapatmencapainya…” (QS Al – Hajj :37)
  • Qurban adalah amalan yang paling dicintai di Idul Adha
  • Qurban adalah wasilah ampunan Allah
  • Qurban adalah bukti keshalehan sosial
  • Qurban adalah syiar Islam
BMH sebagai lembaga pengelola zakat nasional yang memiliki 69 kantor cabang di seluruh Indonesia, hadir memberikan kemudahan dari layanan jemput kurban hingga menyalurkan qurban anda hingga penjuru negeri. Kesibukan bukan menjadi kendala untuk susah berdonasi qurban, penumpukkan distribusi daging qurban dapat diminimalisir, keinginan untuk berbagi dengan saudara-saudara kita nun jauh di pelosok sudah dapat dipenuhi melalui program Qurban Berkah Nusantara Baitul Maal Hidayatullah.

“Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai Allah SWT dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan qurban (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)

Karenanya BMH mengajak kepada kaum muslimin untuk berqurban yang terbaik, untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan di pelosok, pedesaan, perbatasan dan kepulauan. Tidak hanya di Indonesia bahkan qurban anda hingga ke belahan dunia Islam yang kini mengalami duka dan derita (Gaza Palestina, Rohingya, Suriah dll)

Keutamaan Berqurban
  1. Mencapai Keridhaan Allah SWT. “Daging – daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah SWT , tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya…” (QS Al – Hajj :37)
  2. Pengampunan dari Allah SWT. Rasulullah saw telah bersabda kepada anaknya, Fatimah, ketika beliau ingin menyembelih hewan qurban. ”Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan. Dan bacalah : Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah SWT, Rabb alam semesta. (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi)
  3. Hewan qurban sebagai saksi di hari Kiamat. Rasulullah saw telah bersabda dalam sambungan hadits yang diriwayatkan Aisyah R.A: “Sesungguhnya hewan qurban itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan qurban telah terletak
  4. Amalan yang paling dicintai Allah SWT pada Hari Raya Idul Adha. Rasulullah saw telah bersabda tentang keutamaan orang-orang yang melaksanakan ibadah qurban : “Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai Allah SWT dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan qurban…(HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)
  5. Berqurban adalah sebagian dari syiar agama Islam. “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepadaAllah SWT)” (QS Al-Hajj : 34)
  6. Mendapatkan pahala yang besar atas tiap-tiap lembar bulu hewan yang diqurbankan. Pahala yang amat besar, yakni diumpamakan seperti banyaknya bulu dari binatang yang disembelih, ini merupakan penggambaran saja tentang betapa besarnya pahala itu, hal ini dinyatakan oleh Rasulullah saw dalam sabdanya : “Pada tiap-tiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).
  7. Berqurban adalah ibadah yang paling utama. “Menyembelih hewan pada Hari Raya Qurban, Aqiqah (setelah mendapat anak), dan Hadyu (ketika Haji), lebih utama daripada shadaqah yang nilainya sama.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan At- Tirmidzi).
  8. Mengenang ujian kecintaan dari Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS. Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim as, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; Insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim as membaringkan anaknya atas pelipis (nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.”(QS Ash-Shoffat : 102 – 107)
  9. Berkurban adalah ciri keislaman seseorang. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat Ied kami.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
  10. Berqurban membawa Misi Kepedulian. Yaitu menggembirakan kaum dhuafa dan yang membutuhkan, “Hari Raya Qurban adalah hari untuk makan, minum dan dzikir kepada Allah” (HR. Muslim).
Rekening Qurban BMH (Baitul Maal Hidayatullah)
  • BCA – 553.0111.999
  • Bank Mandiri – 006.000.4955.658
  • BNI – 8924.923
  • BSM – 7006.114.908
  • Permatabank Syariah – 971.000.686
  • CIMB Niaga Syariah – 5200.100.371.003
  • Bank Muamalat – 305.00.237.15
  • BRI Syariah – 1004.088.267

About the Author

Nur Anisah Majid S.H., M.Si
Kantor Perwakilan Arminareka Perdana. Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya. Telp: SIMPATI: 081-332-99-88-66 (WA), XL: 0878-5180-3366, INDOSAT: 08585-268-5353, PIN BB: NurAnisa, Email: arminarekacabang@gmail.com !

Related Posts

0 komentar