Pernahkah anda bingung jika anak bertanya dimana Allah SWT? Begini jawabnya dan akan dijelaskan secara mendalam pada kesempatan kali ini. Tidak jarang anak yang usianya masih muda sangat ingin tahu akan segala macam hal, terutama kepada orang-orang yang terdekat mereka. Tidak ada yang berbahaya pada sikap sang anak ini, tapi mungkin kadang kita sebagai orang tua yang kewalahan akan pertanyaan yang diberikan oleh anak tadi.

Seorang anak memang kapasitasnya bertanya, mengingat mereka menganggap kita yang hidup di dunia lebih lama tahu jauh lebih banyak hal, karenanya anak sering bertanya penuh antusias mengenai banyak hal. Tidak jarang juga anak-anak kita menggunakan imajinasinya untuk membayangkan apa yang mereka lihat. Karena kebiasaan mereka berimajinasi inilah akan tiba masa dimana mungkin mereka akan mempertanyakan dimana Allah SWT berada. Ketika mereka bertanya seperti itu, janganlah kita mengecamnya atau memarahinya, karena anak sama sekali tidak tahu mengenai hal yang boleh atau tidak boleh ditanyakan, mereka hanya berusaha memenuhi kehausan mereka akan ilmu pengetahuan.

Hal yang perlu diperhatikan jika anak bertanya tentang keberadaan Allah SWT, jangan pernah kita menjawab bahwa Allah SWT duduk di atas langit, atau jangan juga menjawab bawah Allah SWT berada di surga. KONON JAWABAN SEPERTI INI MALAH AKAN MEMBUAT ANAK SEMAKIN BINGUNG, karena jika kita jawab Allah SWT ada di langit, biasanya mereka akan makin penasaran dan bertanya apakah itu berarti Allah SWT tidak ada di bumi. Menjawab Allah SWT ada di surga berimplikasi bahwa surga itu lebih besar daripada Allah SWT. Kita juga tidak dianjurkan menjawab bahwa Allah SWT ada dimana-mana, takutnya anak kita menganggap bahwa ada banyak Allah SWT di dunia ini.

Alangkah baiknya kita menjawab seperti yang sudah dituliskan di surat al-Baqarah ayat 186 yang artinya kurang lebih jika ada umatNya yang bertanya tentang dimana Dia, kita harus menjawab bahwa Allah SWT sangat dekat.

Bismillahirrahmanirrahim. Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS:Al-Baqarah | Ayat: 186)

Lewat surat Al-Hadiid ayat 4 juga dituliskan bahwa Allah SWT ada bersama kita dimanapun kita berada. Nah, nampaknya jelas lewat ayat itu apa yang harus kita jawab kepada anak kita jika mereka bertanya tentang dimana Allah SWT saat ini berada.

Bismillahirrahmanirrahim Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas ´Arsy. Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya. DAN DIA BERSAMA KAMU DI MANA SAJA KAMU BERADA. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS:Al-Hadiid | Ayat: 4)

JIKA ANAK BERTANYA TENTANG WUJUD ALLAH, HARUS MENJAWAB DENGAN JAWABAN APA?

Terkadang anak kita tidak hanya bertanya mengenai dimana mereka bisa bertemu Allah SWT, melainkan sesuatu yang lebih sulit dijawab, yaitu wujud dari dzat yang maha segalanya itu. Saat anak bertanya mengenai wujud Allah SWT, kita jangan kebingungan dan menjadi gelagapan menjawab apa yang ia tanyakan, karena kita hanya perlu merujuk kepada surat Asy-Syura ayat 11. Arti dari ayat itu adalah bagaimana Allah SWT menciptakan semua dengan berpasang-pasangan, dan bahwa tidak ada yang serupa denganNya.

Bismillahirrahmanirrahim. (Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat. (QS:Asy-Syuura | Ayat: 11)

Lewat surat tersebut, kita kiranya bisa membuat sebuah jawaban dimana kita menjelaskan bahwa tidak ada satu hal pun di dunia ini yang mirip dengan Allah SWT.

Mayoritas seorang anak yang sedang tumbuh selalu ingin tahu tentang banyak hal, dan kita sebagai orang tua harus selalu bisa bersikap tenang untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang tidak jarang aneh dan sangat ekstrim. Nah, dengan tulisan ini semoga sudah tidak bingung lagi jika anak bertanya dimana Allah SWT? semoga bermanfaat

NAH, JIKA ANDA MAU UMROH TAPI MASIH BINGUNG MAU IKUT TRAVEL APA?

Yuk Hadiri Seminar Cara Mudah Ke Baitullah Bersama Arminareka Perdana (25th pengalaman).. Insya Allah Hari MINGGU 2 AGUSTUS 2015 Jam 13.00 di Hotel Asia Solo. Dengan Narasumber: Ibu Nur Anisah SH, MSi (Tour Leader Umroh) & Ibu Evasari Normasanti SH (Perwakilan Solo). FASILITAS: Makan Siang. Bagi yang ingin mendapatkan Tiket Masuk GRATIS Konfirmasi: 0813 2999 9957. Salam Baitullah. www.arminarekaperdanasolo.com

Tagged as

About the Author

Nur Anisah Majid S.H., M.Si
Kantor Perwakilan Arminareka Perdana. Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya. Telp: SIMPATI: 081-332-99-88-66 (WA), XL: 0878-5180-3366, INDOSAT: 08585-268-5353, PIN BB: NurAnisa, Email: arminarekacabang@gmail.com !

Related Posts

0 komentar