Selasa, 17 September 2013

ATM Haji, Permudah Jamaah Dapatkan Riyal



Okezone, Selasa, 17 September 2013 - Kementerian Agama RI menggandeng empat bank nasional meluncurkan kartu anjungan tunai mandiri (ATM) untuk jamaah calon haji. Langkah itu untuk melindungi jamaah calon haji agar tidak menjadi korban kejahatan di tanah suci Makkah.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama, Anggito Abimanyu, mengatakan, sejak 21 September hingga 31 Oktober 2012, terjadi 270 kasus jamaah calon haji asal Indonesia menjadi korban kejahatan. Jumlah kerugian kejahatan itu mencapai Rp 670 juta atau 285 Riyal.

"Dari jumlah tersebut, 80 persen kejahatan yang menimpa para jamaah calon haji paling banyak terjadi di Makkah," jelas Anggito usai peluncuran kartu ATM jamaah calon haji di Embarkasi Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (17/9/2013).

Menurut Anggito, proses pembuatan ATM untuk jamaah calon haji, sama seperti kartu ATM yang berlaku di Indonesia. Kartu ATM jamaah calon haji ini tidak ada nilai batas pengambilan dan bisa diambil di mana saja selama menunaikan ibadah haji di Makkah.
Pasalnya, kartu ATM ini memang untuk memberikan pelindungan terhadap para jamaah haji yang membawa uang cukup banyak.

Selain untuk menghindari jamaah calon haji menjadi korban kejahatan, ATM tersebut, juga ditujukan untuk menghindari antrean panjang penukaran uang dari Rupiah ke Riyal. Apalagi, saat menunaikan haji jutaan orang di tanah suci melakukan transaksi penukaran uang yang sama.

Empat bank nasional yang mengelola keuangan jamaah calon haji di tanah suci adalah Bank Mandiri, BRI, BNI dan Bank Syariah Mandiri. Empat bank tersebut, mempunyai wilayah masing-masing untuk melayani jamaah calon haji.

Bank Mandiri melayani jamaah calon haji yang berangkat dari Aceh, Jakarta, Balikpapan, Makassar, Gorontalo, dan Batam. Sedangkan BRI melayani jamaah dari Padang, Bandarlampung dan Surabaya. Sementara Bank Syariah Mandiri, melayani jamaah dari Medan, Solo, Banjarmasin dan Palangkaraya. Sedangkan, BNI melayani jamaah dari Bekasi dan Mataram.

Anggito menambahkan, peluncuraan kartu ATM jamaah calon haji di Embarkasi Haji Donohudan, merupakan yang kedua setelah di Embarkasi Haji Pondok Gede, Bekasi beberapa waktu lalu. "Habis Solo selanjutnya Embarkasi Surabaya. Selain memberikan rasa aman, apabila kartu ATM tertelan, petugas siap mengganti langsung ATM tersebut," pungkasnya.

  Pendaftaran Online Haji Plus & Umroh

PT ARMINAREKA PERDANA SURABAYA
Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990
Izin Umroh D/146 th 2012 & Izin Haji Plus D/230 th 2012
Kantor Perwakilan Surabaya - Jawa Timur
Divisi Marketing Lima Utama Sukses
Konsorsium Juanda Surabaya
Jl. Semolowaru Elok AL 2
031-7111 3345
www.arminarekajatim.blogspot.com

KANTOR PUSAT PT ARMINAREKA PERDANA
Gedung Menara Salemba Lt.V
Jl.Salemba Raya No.05 Jakarta Pusat 10440
Telp: 021.3984 2982, 3984 2964 
Fax : 021.3984 2985
www.arminarekaperdana.com   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar