Dugaan dan tuduhan Joko Widodo bukan beragama Islam tampaknya membuat para pendukungnya berusaha keras membuktikan ketidakbenaran itu. Salah satunya dilakukan oleh Niken Satyawati, ibu empat anak yang tinggal di Solo dan kenal sangat dekat dengan Jokowi.

Menurut dia, yang menulis lewat akunnya di Kompasiana dengan judul Akhirnya Foto Jokowi Naik Haji Tahun 2003 Ditemukan, banyak sekali orang awam terpancing dengan isu SARA itu, padahal Niken mengetahui hal itu tidak benar karena ia mengenal mantan Walikota Solo itu dan mengenal beberapa anggota keluarganya.

Akhirnya, ia bertemu dengan dr Rusmawati SpA yang selama ini adalah dokter anak yang dia percayai. Suami Bu Dokter itu, ternyata  punya foto-foto yang disimpan di hard disk, karena kakaknya ikut berangkat ke Mekkah bersama Jokowi. Setelah sempat mengalami kendala karena foto-foto tersebut tidak diketahui keberadaannya, Niken akhirnya mendapat kabar baik.

"Alhamdulillah, saya hari ini mendapat kabar gembira," tulis Niken lewat akun Kompasiana miliknya hari ini (21/5). Dia mendapat kabar dari Bu Dokter lewat status facebooknya, bahwa Bu Dokter telah menemukan foto-foto Jokowi ketika naik haji (bukan umroh). Keluarga Bu dokter mengobok-obok dokumentasi foto mereka dan akhirnya menemukan foto dimana tampak Jokowi sedang turut dalam rombongan haji. Salah satu diantara rombongan itu adalah Tantowi Yahya (paling kanan dalam foto), anggota DPR dari Partai Golkar. Ada pun Jokowi berada paling kiri sedangkan kakak ipar Bu Dokter kedua dari kanan.

Bagi Niken, penemuan foto ini sangat penting karena sebelumnya ada blogger yang mengunggah foto Jokowi ketika mengikuti umroh tahun 2012 pada postingan tentang naik haji. Foto itu kembali dibully oleh para pegiat dunia maya, karena dianggap berbohong. Foto umrah disamakan dengan foto haji. "Sedih," tulis Niken.

Dengan ditemukannya foto ini, Niken berharap kontroversi soal agama Jokowi dan gelar H di depan namanya yang selama ini difitnah sebagai Heribertus (nama baptis), dapat berakhir.

About the Author

Nur Anisah Majid S.H., M.Si
Kantor Perwakilan Arminareka Perdana. Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya. Telp: SIMPATI: 081-332-99-88-66 (WA), XL: 0878-5180-3366, INDOSAT: 08585-268-5353, PIN BB: NurAnisa, Email: arminarekacabang@gmail.com !

Related Posts

0 komentar