Kamis, 05 Maret 2015

Umrah Semakin Mudah dengan Rute Baru Citilink


Maskapai penerbangan berbiaya murah Citilink berencana melayani jalur penerbangan umrah Surabaya (Indonesia)-Jeddah (Arab Saudi) mulai 8 Maret 2015 dengan frekuensi penerbangan tiga kali dalam sepekan dengan transit di Bandara Kuala Namu Medan dan Mumbai India.

"Sebelumnya, Citilink meresmikan penerbangan umrah dari Jakarta-Jeddah, juga tiga kali dalam sepekan. Kini, Citilink melengkapi bisnisnya dengan melayani penerbangan Surabaya-Jeddah," ujar VP Corporate Communications Citilink Indonesia Benny Butarbutar kepada pers di Surabaya, Jatim, Selasa (24/2/2015).

Penerbangan internasional anak perusahaan Garuda Indonesia ini dilakukan setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan waktu keberangkatan pukul 21.00 WIB menggunakan pesawat Airbus A-320 berkapasitas 180 penumpang.

Benny menjelaskan, waktu tempuh Surabaya-Jeddah sekitar 12 jam penerbangan sehingga pihaknya harus melakukan transit di Medan dan Mumbay karena pesawat A-320 hanya mempunyai waktu tempuh terbang lima sampai enam jam.

"Kami targetkan dalam semester pertama mampu menerbangkan sedikitnya 26.250 penumpang dari Surabaya untuk melakukan umrah di Tanah Suci. Kami yakin target dapat tercapai karena tingkat pertumbuhan ekonomi Jatim di atas rata-rata nasional, yaitu 5,86 persen, dan minat warganya melakukan umrah sangat tinggi," ucapnya.

Untuk tarif Surabaya-Jeddah ini, Citilink mematok harga 1.000 dollar AS pergi pulang (PP). Ini merupakan tarif kompetitif karena layanan diberikan secara full service.

Ia menuturkan, selama tahun 2015, penerbangan domestik Citilink tujuan Kota Surabaya menjadi hub terbesar untuk kawasan timur Indonesia (KTI) setelah perusahaan ini mulai melebarkan jangkauan ke berbagai kota di KTI, seperti Palu, Makassar, Sorong, dan Jayapura.

Benny menjelaskan, untuk melayani jalur di berbagai kota di KTI itu, pihaknya mengandalkan lima pesawat baru (Neo) A-320 yang akan tiba di Tanah Air secara bertahap selama 2015, melengkapi 32 pesawat sejenis yang telah ada.

Tahun 2015, Citilink yang telah melayani 23 kota di Tanah Air menargetkan bahwa mereka mampu mengangkut 11,2 juta orang. Target itu naik dibanding tahun 2014, yakni 8 juta penumpang. Sementara itu, tingkat ketepatan waktu atau on time performance (OTP) sepanjang 2014 mencapai 82 persen dengan tingkat isian penumpang 83 persen.

Sumber: Jumat, 27 Februari 2015, www.travel.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar