Sabtu, 24 September 2011

Pemondokan Haji Reguler 2 Km dari Masjidil Haram

Kuota Haji RI tambah 10 Ribu
Jawapos, Senin 12 September 2011, Hal 1 & 12


JAKARTA — Lobi pemerintah Indonesia ke Kerajaan Arab Saudi untuk meminta tambahan kuota haji musim 2011 tidak sempurna. Mereka gagal memperjuangkan permintaan kuota tambahan sebesar 27 ribu. Pemerintah melalui Kemenag kemarin (12/9) memastikan bahwa Indonesia hanya mendapatkan tambahan kuota 10 ribu. Urusan lobi-melobi itu dijalankan langsung oleh Menag (SDA). Bersama jajaran eselon satu Kemenag, dia terbang ke Saudi Minggu lalu (4/11). Saat kembali dari Saudi kemarin, langsung mengumumkan hasil permohonan penambahan kuota Haji 2011 

Pemondokan Haji Reguler 2 Km dari Masjidil Haram

Urusan tambahan kuota ini, kita termasuk cerewet," jelas ketua umum DPP PPP itu diruang VIP Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, kemarin. Menurut , penambahan kuota itu menggenapi total kuota jamaah haji lndonesia yang mencapai 221 ribu orang. Sebelumnya, kuota definitive jamaah haji lndonesia sesuai rapat OKI (Organisasi Konferensi Islam) adalah 211 ribu orang, Itu dibagi menjadi 194 ribu kursi untuk jamaah regular dan 17 ribu kursi untuk jamaah haji khusus atau ONH (ongkos naik haji) plus. Tambahan kuota haji itu lantas dipecah lagi. Jamaah haji regular mendapat jatah 7.000 kursi, sedangkan jatah jamaah haji khusus sejumlah 3.000 kursi. menuturkan, mulai hari ini (I2/9) Kemenag bakal mendistribusikan tambahan kuota tersebut. menegaskan, tambahan kuota itu bakal diprioritaskau untuk provinsi-provinsi dengan daftar tunggu atau waiting list yang panjang.

Di antaranya, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Kalteng, dan Kalsal. Di tiga provinsi tersebut, kursi keberangkatan haji untuk 2020 saja sudah ludes. Pertimbangan selanjutnya adalah prioritas umur calon jamaah haji (CJH). mengatakan, setelah dibagi per provinsi, bakal dipilah lebih spesifik lagi sesuai umur jamaah. "Prioritas kami adalah jamaah di atas 60 tahun,” kata dia.  mengingatkan, jamaah di atas 60 tahun yang masuk daftar tunggu berpeluang haji tahun ini, asalkan hanya mau berangkat haji dengan satu pendamping.

Selain mengembalikan lagi kuota tambahan ke daerah, Kemenag bakal mengembalikan lagi sisa kursi kosong jamaah haji yang tidak melunasi BPIH (biaya penyelenggaraan ibadah haji). Seperti diketahui, tahun ini ada 2.582 jamaah yang tidak melunasi BPIH. berharap, Kantor Wilayah I (Kanwil) Kemenag bisa mengupayakan menutup kursi kosong tersebut. Jika tidak juga terisi, menegaskan, kursi kosong itu menjadi wewenang penuh Menag. Dia belum mengatakan batas atau deadline bagi Kanwil Kemenag mencari jamaah baru untuk menutup kursi kosong tersebut. Diagendakan, hari ini Kemenag sudah menetapkan jadwal itu.

  juga tidak menampik kabar menumpuknya proposal pengajuan CJH untuk mengisi kursi kosong dari CJH yang tidak melunasi BPIH. Tetapi, dia tidak menyebutkan jumlah pasti proposal tersebut. Selain berada di meja menteri, proposal pengajuan itu berada di Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) serta pejabat lainnya. menegaskan, proposal-proposal tersebut bakal digunakan jika kanwil sudah tidak bisa menutup kursi kosong. Selain urusan kuota haji, kemarin menuturkan hasil akhir kesiapan pemondokan.

Catatan dari Kemenag menyebutkan, tahun ini sudah disiapkan 319 pemondokan dengan total kapasitas 202.016. Pomondokan tidak diperuntukkan  jamaah haji khusus Di antara jumlah pemondokan tersebut, 93 persen berada di radius 2 kilometer dari Masjidil Haram Sisanya sebesar 7 persen berada di radius lebih dari 2—2,5 kilometer dari Masjidil Haram. Seluruh pemondokan itu dibagi menjadi 71 maktab. Pengundian maktab atau disebut juga Qur’ah bakal dilaksanakan 14 September di Jakarta. Seluruh Kanwil Kemenag bakal hadir untuk melotre posisi maktab


PT ARMINAREKA PERDANA SURABAYA
Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990
Izin Umroh D/142 th 2009 & Izin Haji Plus D/80 th 2009
Kantor Perwakilan Surabaya - Jawa Timur
Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya
Anisa: 031-7111 3345

Kantor Pusat
PT ARMINAREKA PERDANA
Gedung Menara Salemba Lt.V
Jl.Salemba Raya No.05 Jakarta Pusat 10440
Telp : 021.3984 2982 , 3984 2964
Fax : 021.3984 2985
Web : www.arminautama.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar