Calon Haji Non Kuota Kecewa Travel Trimitra
Jawapos, 31 Oktober 2011

SURABAYA - Sudah berulang—ulang muncul kasus calon jamaah haji (CJH) non kuota yang terlantar, bahkan batal berangkat. Namun, hal itu tidak menyurutkan minat orang untuk berhaji dengan jalan non kuota. Termasuk 89 CJH yang gagal diberangkatkan untuk berhaji tahun ini oleh biro perjalanan Trimitra. Tentu saja mereka memprotes Trimitra. Sabtu malam lalu (29/ 10) CJH melakukan pertemuan dengan manajemen Trimitra untuk membahas penyelesaian masalah itu. 

Pertemuan tersebut berlangsung cukup panas karena para CJH merasa tertipu oleh janji yang diberikan Trimitra. Karena tidak ada titik temu, akhimya diambil kesepakatan memilih sembilan wakil CJH untuk merumuskan deal dengan manajemen. Menurut salah seorang CJH, mereka dijadwalkan Berangkat ke Tanah Suci pada 17 Oktober lalu. Namun, keberangkatan tersebut ditunda menjadi 19 Oktober. "Sebenarnya, dengan jadwal tanggal 17 dan 19, pihak maskapai penerbangan sudah issued tiket. Tapi, temyata kami tetap tidak jadi berangkat," ungkapnya. Akhimya, para CJH mendapatkan kabar akan di berangkatkan pada 30 Oktober. Namun, bukannya diberangkatkan, pada Jumat (28/ 10) mereka malah mendapatkan kabar tidak jadi berangkat. 

"Ya begini ini risikonya kalau berhaji dengan ONH plus non- kuota. Ya plus sabar, plus nggak jelas, plus akhimya nggak jadi berangkat," selorohhya. Setelah sembilan wakil CJH berdialog dengan Dirut Travel Trimitra Firman Sukirman dan manajemen, akhirnya diambil kesepakatan bahwa CJH akan diberangkatkan pada 2012. "Trimitra akan menjamin CJH untuk berangkat pada kuota haji 2012. Untuk itu, Trimitra akan berkonsultasi dulu dengan Kementerian Agama di Jakarta," jelas. Suwadi Noor, salah seorang staf Trimitra, menyampaikan kesepakatan yang terjalin antara CJH dan manajeman. 

Untuk mengobati kekecewaan CJH, Trimitra juga berjanji memberangkatkan mereka beribadah umrah bagi yang sudah menyetorkan deposit Rp 10 juta. "Biaya umrah total Rp 15 juta, Bagi yang sudah menyetorkan Rp 10 juta, hanya perlu menambah Rp 2,5 juta, Itu obat bagj saya," tutur Firman. Namun, ada beberapa CJH yang masih menolak kesepakatan itu. Anisya, misalnya, meminta Trimitra menanggung seluruh biaya umrah CJH bila memang berniat mengobati kekecewaan. 

"Kalau, memang untuk obat, seharusnya Trimitra menanggung semua biaya umrah. Saya ini berangkat haji karena ada yang membiayai. Saya tidak punya biaya untuk berangkat sendiri," cetusnya sambil menangis sesenggukan. Namun, Trimitra menyatakan Tidak sanggup apabila harus menanggung seluruh biaya umrah para CJH. Akhirnya, mereka memberikan kesempatan kepada CJH yang belum puas dengan kesepakatan untuk berdialog langsung dengan manajemen pada pertemuan siang ini di kantor Trimitra, Jalan Dukuh Kupang Barat

Kejadian yang menimpa CJH Trimitra itu disebut-sebut baru terjadi kali pertama. Menurut informasi yang dihimpun JawaPos, bukan hanya CJH dan Surabaya yang tidak jadi berangkat. CJH Trimitra dari SOLO dan Semarang juga gagal melaksanakan ibadah ke Tanah Suci. "Kalau alasan manajemen, pemerintah Arab Saudi tidak jadi memberikan visa kata salah seorang CJH. Trimitra mengenakan biaya USD 7.200 untuk setiap CJH yang harus dilunasi pada Juli lalu. Itu belum termasuk biaya pengurusan visa yang mencapai Rp 14,5 juta. Setiap CJH sudah membayar Rp 10 juta. Sisanya akan dilunasi saat sudah beres. Uang Rp 10 juta itulah yang nanti akan digunakan Trimitra untuk memberangkatkan CJH umrah.




About the Author

Nur Anisah Majid S.H., M.Si
Kantor Perwakilan Arminareka Perdana. Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya. Telp: SIMPATI: 081-332-99-88-66 (WA), XL: 0878-5180-3366, INDOSAT: 08585-268-5353, PIN BB: NurAnisa, Email: arminarekacabang@gmail.com !

Related Posts

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. agar lebih bijak sebaiknya anda menghapus berita diatas...
    sungguh tidak baik menampilkan kejelekan travel lain di blog anda ini..
    lakukan persaingan yang sehat...
    masalah ini sudah selesai & tidak perlu dibesar-besarkan!!!

    Atas Perhatiannya Kami Ucapkan Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass wr wb, terima kasih atas masukannya. semoga anda dan sekeluarga selalu dalam lindungan Allah SWT. amin.

      Sebagai Salah Satu Travel Terbesar di Indonesia, Arminareka Perdana juga tidak lepas dari kekurangannya, di blog saya ini pun juga memposting AGEN - AGEN ARMINAREKA PERDANA yang BLACK LIST. bisa dilihat http://arminarekajatim.blogspot.com/search/label/Blacklist

      Berita yang kami tampilkan, kami upayakan semaksimal mungkin NETRAL, ADIL, FAKTA dan lengkap dengan sumber yang jelas.

      Semua informasi yang kami sediakan sebagai tambahan informasi bagi seluruh jamaah indonesia yang hendak merencanakan ibadah haji dan umrah. Dan jamaah bebas memilih, travel manapun yang mereka percayai.

      Terima Kasih.

      Hapus