JAMAAH umrah tahun 2013 ini diperkirakan bakal meningkat signifikan. Minat pada ibadah ke tanah suci ini terus meningkat meski masih ada beberapa pelanggaran oleh perusahaan penyelenggara ibadah umrah.

Salah satu penyebab utama naiknya jumlah jamaah umrah, karena lamanya daftar tunggu calon jamaah haji diberangkatkan. Sebagai gambaran, calon jamaah haji regular yang mendaftar pada 2012 ini dipastikan berangkat pada tahun 2026, sedangkan jamaah haji plus berangkat 2018.

Karena terlalu lama menunggu, calon jamaah haji lebih memilih untuk melaksanakan umrah saja terlebih dahulu dan trend ini meningkat dari tahun ke tahun,

Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Anggito Abimanyu, Selasa (19/3), mengatakan, tahun 2012 jumlah jemaah umrah Indonesia berjumlah 500 ribu.Jumlah tersebut mengalami peningkatan setiap tahunnya. "Tahun ini diperkirakan akan meningkat dalam jumlah signifikan," kata Anggito.
  
Ia menyatakan rasa syukurnya dengan peningkatan ini. Hal ini menunjukan tingkat animo beribadah masyarakat Indonesia.Peningkatan ini, lanjut Anggito, menjadi tantangan tersendiri bagi Kementerian Agama. Pengawasan pada 402 perusahaan penyelenggara umrah harus dimaksimalkan.

Salah satunya adalah dengan kerja sama Kementerian Agam dan Polri. Pasalnya, beberapa kasus pelanggaran telah terjadi dalam penyelenggaraan umrah.11 perusahaan yang punya izin menyelenggarakan umrah terancam dicabut izinnya karena beberapa pelanggaran. (Baca : Daftar 11 Penyelenggara Ibadah Haji Khusus & Umroh Kena Sanksi Keras Diberi Peringatan Dan Ancaman Pencabutan Izin)

Selain itu, bermunculan pula perusahaan-perusahaan tak berizin yang berujung pada kerugian jemaah lantaran pelayanan yang tidak memadai. Ratusan di antaranya bahkan harus menanggung resiko batal berangkat ke tanah suci.

Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH), Baluki Ahmad. Baluki mengatakan,Dibandingkan dua tahun sebelumnya, jumlah tersebut mengalami peningkatan yang besar. Ia mengungkapkan, jumlah jamaah umrah pada 2011 sekitar 260 ribu. Sedangkan data yang diungkapkan oleh Kementerian Agama lewat Kartono, jumlahnya ada sebanyak 295 ribu.Lalu untuk 2010, Baluki mengungkapkan, total jamaah yang beribadah umrah ada sekitar 180 ribu orang. Sementara dari dari Kementerian Agama melansir sebanyak 250 ribu.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji Plus dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), H. Fuad Hasan Masyhur."Keinginan yang tinggi dari kaum Muslimin untuk melaksanakan ibadah haji maupun umrah membuat daftar antriannya amat panjang, khususnya haji. Kalau umrah kesulitan dalam penyediaan kursi pesawat terbang (seat)," katanya.

Amphuri mendesak pemerintah membagi kuota haji plus secara proporsional kepada tiap biro penyelenggara haji plus. "Dengan sistem saat ini, yakni daftar pertama yang akan berangkat, membuat makin panjang daftar tunggunya," katanya.

Sumber : www.jurnas.com, www.jurnalhaji.com, www.hidayatullah.com



PT ARMINAREKA PERDANA SURABAYA
Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990
Izin Umroh D/146 th 2012 & Izin Haji Plus D/230 th 2012
Kantor Perwakilan Surabaya - Jawa Timur
Divisi Marketing Lima Utama Sukses
Konsorsium Juanda Surabaya
Jl. Semolowaru Elok AL 2
031-7111 3345
www.arminarekajatim.blogspot.com

KANTOR PUSAT PT ARMINAREKA PERDANA
Gedung Menara Salemba Lt.V
Jl.Salemba Raya No.05 Jakarta Pusat 10440
Telp: 021.3984 2982, 3984 2964

About the Author

Nur Anisah Majid S.H., M.Si
Kantor Perwakilan Arminareka Perdana. Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya. Telp: SIMPATI: 081-332-99-88-66 (WA), XL: 0878-5180-3366, INDOSAT: 08585-268-5353, PIN BB: NurAnisa, Email: arminarekacabang@gmail.com !

Related Posts

0 komentar