Rabu, 19 Juni 2013

Jamaah Lansia Diimbau Tidak Berhaji Tahun Ini, Tidak Ada Lagi Fasilitas Kursi Roda




Jawapos, Selasa 18 Juni 2013, Hal 1 - Kementrian Agama (Kemenag) mengimbau jamaah lanjut usia (Lansia), tidak berhaji tahun ini. Alasannya Masjidil Haram sedang direnovasi sehingga tidak ada fasilitas khusus untuk jamaah haji lansia.

Direktur Pelayanan Haji Kemenag Sri Ilham Lubis mengatakan, pertimbangan utama imbauan itu adalah keamanan, kenyamanan dan keselamatan jamaah. “ Kemenag mengimbau jamaah haji lansia menunda hajinya," kata dia.

Kemenag memberikan garansi atau jaminan kepada jamaah haji lansia porsi keberangkatan 2013 yang menunda keberangkatannya. Meraka pasti berangkat haji tahun depan. Berhaji tahun depan lebih aman dan nyaman karena loksi tawaf di Masjidil Haram sudah rampung.

Dalam kondisi normal, pemerintah Arab Saudi memberikan layanan khusus kepada jamaah haji lansia di kompleks Masjidil Haram. Diataranya adalah lokasi khusus untuk tawaf. Disana para lansia bisa bertawaf dengan kursi roda. Nah, tidak adanya fasilitas kursi roda bisa membuat kondisi jamaah haji lansia semakin berisiko tinggi.

Panitia mengkhususkan jamaah haji lansia untuk tawaf di lantai 2 dan 3 Masjidil Haram. Di lokasi tersebut panitia memperbolehkan jamaah haji tawaf menggunakan kursi roda. “ Sekarang lokasi ini sudah tidak bisa digunakan karena ada renovasi, “paparnya.

Menyusutnya daya tamping Masijidil Haram dari sekitar 42 ribu jamaah per jam menjadi hanya 22 ribu jamaah per jam berisiko membuat jamaah berdesak-desakan.Kondisi itu rawan bagi jamaah haji lansia.

Pemotongan kuota haji juga berdampak pada jumlah tenaga medis. Pemerintah Indonesia belum mendapat kepastian berapa jumlah atau kuota tenaga medis yang bakal mendampingi jamaah. Pemotongan kuota bakal menyasar tenaga medis yang ditugasi kementrian kesehatan (Kemenkes), baik perawat maupun dokter.

Dosen Universitas Islam Negeri Jakarta, Muhammad Zuhdi mengatakan, Pemerintah harus mempertimbangkan keselamatan dan kenyamanan jamaah. Pemotongan kuota 20 persen oleh Arab Saudi itu tentu atas pertimbangan kondisi di lapangan.” Kata calon jamaah haji periode 2016 tersebut.

Zuhdi menuturkan tentu ada dampak psikologis pada jamaah haji yang gagal berangkat tahun ini. “ Tetapi jika dipaksakan berhaji, siapa yang menjamin keselamatan selama beribadah haji,” ujarnya.

Pemerintah Saudi memangkas kuota haji untuk seluruh Negara di dunia hingga 20 persen. Artinya kuota jamaah haji Indonesia sebesar 211 ribu bakal dipotong 42.200 orang. Pihak Indonesia melayangkan surat permohonan dispensasi pemotongan kuota tersebut langsung ke raja Arab Saudi.

PT ARMINAREKA PERDANA SURABAYA
Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990
Izin Umroh D/146 th 2012 & Izin Haji Plus D/230 th 2012
Kantor Perwakilan Surabaya - Jawa Timur
Divisi Marketing Lima Utama Sukses
Konsorsium Juanda Surabaya
Jl. Semolowaru Elok AL 2
031-7111 3345

KANTOR PUSAT
PT ARMINAREKA PERDANA
Gedung Menara Salemba Lt.V
Jl.Salemba Raya No.05 Jakarta Pusat 10440
Telp : 021.3984 2982 , 3984 2964
Fax : 021.3984 2985  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar