Jumat, 27 September 2024

Pasang Niat Sejak Muda, Misra Berhaji di Usia 80


Radarbanjarmasin, Jumat, 27 September 2013 - Haji adalah panggilan Allah SWT, itulah yang dirasakan Misra bin Kudri (80). Jemaah kloter 6 asal Desa Padang Luas, Kecamatan Kurau, Tanah Laut ini sudah sejak remaja ingin berhaji, namun saat usianya sudah senja menginjak 80 tahun, ia baru bisa berangkat memenuhi panggilan Allah SWT
Siang kemarin, Misra bersama istri, anak, dan menantunya baru saja tiba di Asrama Haji Banjarbaru. Usai menjalani pemeriksaan barang, Misra beristirahat di sebuah kamar yang ada di asrama haji.

Saat penulis menemuinya, Misra sedang tidur. Maklum saja, dengan usia 80 tahun, fisiknya sudah tak terlalu kuat. “Abah lagi istirahat, mungkin keuyuhan,” kata Nur Aisyah (42), anak perempuan Misra yang ikut mendampinginya ke Tanah Suci.

Namun setelah obrolan singkat tersebut, Misra akhirnya terbangun. Dengan ramah, ia langsung menyalami penulis. Kemudian tanpa basa-basi, Misra menceritakan tentang perjalanan hidupnya sampai akhirnya ia bisa berangkat haji tahun ini.

“Saya awalnya jadi buruh tani, saat itu mungkin masih umur 20 tahun,” ucapnya mengawali pembicaraan. Misra yang merupakan warga asli Desa Padang Luas ini adalah seorang petani. Saat muda, ia hanya seorang buruh tani. Ia menggarap sawah milik orang lain dan menerima upah atas pekerjaannya itu.

Sejak muda, Misra mengaku sudah ingin berhaji. Namun menurutnya saat itu seperti sulit dipenuhi karena uang yang ia terima sebagai buruh tani tak seberapa. Akhirnya setelah 20 tahun menjadi buruh tani, Misra mendapatkan kesempatan membeli sebidang sawah dari hasil tabungan menjadi buruh. Saat itulah, perekonomian Misra membaik.

“Ada 3 hektare, Alhamdulillah mulai bisa menabung,” katanya. Saat sudah punya sawah sendiri itulah, Misra kembali teringat akan keinginannya berhaji. Meski sudah bisa menabung, namun kebutuhan Misra dan keluarga ternyata cukup banyak. Dikaruniai empat anak, Misra kembali menunda keinginannya untuk mendaftar haji meski tabungannya sudah hampir cukup.

Sekitar 35 tahun berlalu sejak Misra punya sawah sendiri, kesempatan untuk berangkat ke Tanah Suci datang lagi. Saat usia yang menginjak 75 tahun, dengan berbekal tabungan Rp40 juta, akhirnya Misra memutuskan mendaftar haji bersama istrinya, Masitah (60). Ia tak hanya mendaftar berdua, anak dan menantunya yakni Nur Aisyah (42) dan Anton Iskandar (42) juga ikut mendaftar.

“Anak dan menantu sengaja ikut mendaftar agar bisa mendampingi,” ujarnya. Setelah mendaftar pada Maret 2008, akhirnya pada pemberangkatan haji tahun ini, Misra dan keluarga bisa berangkat ke Tanah Suci. Meski sudah berusia 80 tahun, sebenarnya Misra tergolong sehat dibandingkan lansia seusianya. 

Hal ini terlihat dari suara dan fisik Misra yang masih sehat. Misra masih dapat berbicara dengan lantang dan mendengar dengan jalan. Fisiknya pun masih sehat, meski agak bungkuk, Misra masih bisa ke sawah untuk mencangkul setiap hari. “Jam 7 pagi saya sudah ke sawah sampai jam 10 pagi. Di sana saya mencangkul, istirahat siang dan sore berangkat lagi. Jarak dari rumah ke sawah sekitar 200 meter,” terang Misra.

Kakek 8 cucu yang sejak usia 50-an rutin menjadi imam dan khatib di Masjid Raudhatul Ridwan, Padang Luas RT 2, ini juga mengaku masih bisa berjalan jauh. Hal ini Misra buktikan saat manasik haji yang rutin ia ikuti setahun terakhir di Bati-Bati.
“Tawaf masih bisa, mudah-mudahan, tapi kada kawa laju,” ucapnya.

 Atas keberangkatannya ke Tanah Suci, Misra mengaku sangat bersyukur. Ia berharap, ibadahnya bersama keluarga bisa berjalan lancar mengingat usianya yang sudah sangat tua. “Dengan persiapan dan pengalaman manasik, mudah-mudahan bisa lancar,” harapnya.


PT ARMINAREKA PERDANA SURABAYA
Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990
Izin Umroh D/146 th 2012 & Izin Haji Plus D/230 th 2012
Kantor Perwakilan Surabaya - Jawa Timur
Divisi Marketing Lima Utama Sukses
Konsorsium Juanda Surabaya
Jl. Semolowaru Elok AL 2
031-7111 3345
www.arminarekajatim.blogspot.com

KANTOR PUSAT PT ARMINAREKA PERDANA
Gedung Menara Salemba Lt.V
Jl.Salemba Raya No.05 Jakarta Pusat 10440
Telp: 021.3984 2982, 3984 2964 
Fax : 021.3984 2985
www.arminarekaperdana.com   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar