Okezone, Rabu, 02 Oktober 2013 - Jamaah Indonesia dintuntut untuk selalu waspada saat menjalankan ibadah. Jika tidak hati-hati, seperti yang dialami oleh Mbah Slamet yang tersesat hingga Jeddah. Mbah Slamet merupakn warga Labuhan Batu, Sumatera Utara. Dia terdaftar sebagai anggota kloter 15 embarkasi Medan (MES/15) yang baru tiba di Makkah pada Sabtu 28 September 2013 pukul 23.30 WAS.

Pada Minggu 29 September 2013, Mbah Slamet bersama rombongannya pergi ke Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah umrah. Sesampai di Masjidil Haram sekira pukul 07.30 WAS, Mbah Slamet pun melaksanakan ibadah tawaf. “Setelah berputar lima kali, saya kok kehilangan teman-teman, semuanya tidak ada. Saya memutuskan untuk meneruskan tawafnya,” kisah Mbah Slamet penuh semangat kepada petugas Media Centre Haji.

“Putaran ke enam, saya juga tidak melihat rombongan. Putaran ketujuh juga tidak saya temukan,” tutur Mbah Slamet yang akhirnya memutuskan untuk memutari Kakbah sekali lagi untuk mencari rombongan. Usaha Mbah Slamet ternyata tidak membuahkan hasil. Dia pun memutuskan untuk keluar dari arena Kakbah untuk keluar Masjidil Haram. Akibat pencarian tersebut, Mbah Slamet tidak melaksanakan Sai.

“Sekira pukul 12 siang (Waktu Arab Saudi), saya turun ke terowongan,” tutur Mbah Slamet. Diduga, terowongan yang dimaksud adalah Bab Bilal, tempat pemberhentian bus dan taksi. “Taksi, saya mau ke asrama haji,” kata Mbah Slamet. Pria kelahiran Banyumas itu memang terbilang mempunyai nyali tinggi, meski tidak di negeri sendiri. Dia bercerita kalau sopir taksi itu kemudian menawarinya ke Jeddah.

“Asrama haji itu di Jeddah? Berapa ongkosnya?” tanya Mbah Slamet yang membayangkan pemondokan tempat tidurnya semalam adalah asrama haji. Sopir taksi pun mengiyakan. Mbah Slamet kemudian meluncur ke Jeddah. Kepala Bidang Pengamanan Haji Jeddah, Kasmudi, mengatakan, Mbah Slamet diturunkan oleh sopir di Cornesy, salah satu supermarket di Jeddah. Setelah membayar ongkos taksi dan keluar mobil, Mba Slamet baru sadar jika dia tidak berada di daerah pemondokannya. Mbah Slamet merasa asing dengan daerah yang baru saja dijejakinya.

Berntung ada seorang muqimin Indonesia yang mendekatinya. Muqimin itu merasa aneh di Jeddah ada orang mengenakan pakaian ihram dan menduganya sebagai jamaah tersesat. Setelah menanyakan beberapa hal, Kasmudi tahu bahwa Mbah Slamet adalah jamaah haji Indonesia tersesat. Dia pun mengantarkan Mbah Slamet ke Kantor Urusan Haji Indonesia di Jeddah dan dipertemukan dengan Kasmudi.

Tepat pukul 15.00 WAS, Mbah Slamet diantar Kasmudi ke Sektor 2 Daerah Kerja Makkah. Kepada tim MCH Mbah Slamet berkisah tentang pengalaman yang baru saja di alaminya dengan penuh semangat, tanpa menunjukan rasa lelah, serta khawatir. “Tabah aku, tebal imanku,” kata Mbah Slamet penuh bangga, meski baru saja tersesat jalan.

“Bapakku kasih nama aku Slamet. Jadi biar diterkam Harimau pun, aku tetap Slamet,” tuturnya disambut tawa tim MCH. Mbah Slamet pun mengisahkan perihal dirinya bisa berhaji bersama anak dan menantunya. Sebagian uang dari hasil menjual 18 ekor sapi yang berjumlah Rp 120juta dan digunakannya untuk membayar Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

Kini, mimpi yang dirangkai sejak tahun 1970-an itu menjadi nyata, Mbah Slamet bertamu di Baitullah, menjadi Dluyufur-Rahman bersama jutaan jamaah lainnya. “Karena belum sempurna ibadah umrahnya, mohon agar disampaikan kepada pembimbingnya untuk mendampingi Mbah Slamet agar menyempurnakan ibadahnya,” pesan Kasmudi sembari mengembalikan Mbah Slamet kepada Kepala Sektor 2, Abdullah bin Abdurrahim. Oleh Abdullah, Mbah Slamet di antar ke pemondokannya dan dipertemukan dengan anak, menantu, dan sahabat yang sudah menunggunya

  Pendaftaran Online Haji Plus & Umroh

PT ARMINAREKA PERDANA SURABAYA
Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990
Izin Umroh D/146 th 2012 & Izin Haji Plus D/230 th 2012
Kantor Perwakilan Surabaya - Jawa Timur
Divisi Marketing Lima Utama Sukses
Konsorsium Juanda Surabaya
Jl. Semolowaru Elok AL 2
031-7111 3345
www.arminarekajatim.blogspot.com

KANTOR PUSAT PT ARMINAREKA PERDANA
Gedung Menara Salemba Lt.V
Jl.Salemba Raya No.05 Jakarta Pusat 10440
Telp: 021.3984 2982, 3984 2964 
Fax : 021.3984 2985
www.arminarekaperdana.com   

About the Author

Nur Anisah Majid S.H., M.Si
Kantor Perwakilan Arminareka Perdana. Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya. Telp: SIMPATI: 081-332-99-88-66 (WA), XL: 0878-5180-3366, INDOSAT: 08585-268-5353, PIN BB: NurAnisa, Email: arminarekacabang@gmail.com !

Related Posts

0 komentar