Rabu, 30 April 2014

Tempat-tempat Kuliner Khas Indonesia kala Ibadah Haji dan Umroh

Masakan Indonesia merupakan salah satu masakan yang paling enak di dunia. Bahkan Rendang yang merupakan salah satu masakan populer di Indonesia berada di nomor sebelas dalam daftar 50 masakan paling enak di dunia berdasarkan voting para pembaca situs berita CNN. Tepatnya, di voting tersebut Rendang berada di posisi ke 11. Lebih enak dibandingkan lasagna milik Italia atau Croissant dari Perancis.

Dengan kelezatannya tersebut, tidak mengherankan kalau masyarakat Indonesia kerap merindukan sajian menu masakan nusantara. Terlebih ketika bepergian ke luar negeri. Seberapapun lezatnya masakan luar negeri seperti lasagna, sushi, pizza, kebab dan lain-lain, masakan nusantara memperoleh hati tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Tak mengherankan jika pada saat bepergian ke luar negeri, orang-orang kita, termasuk saya mungkin karena jujur saya belum pernah punya kesempatan untuk jalan-jalan ke luar negeri, kerap meluangkan waktu untuk mencari masakan khas Indonesia. Terlebih ketika kita menetap cukup lama di luar negeri.

Dan, salah satu tempat di luar negeri yang kerap didatangi oleh masyarakat Indonesia tak lain dan tak bukan adalah Mekkah. Kenapa? Karena setiap tahunnya total terdapat 200 ribu jemaah haji yang menunaikan ibadah untuk menyempurnakan rukun Islam di sini. Itu yang tercatat. Tentunya ada juga jamaah haji yang bisa saja berangkat dari negara lain.

Selain itu, jumlah tersebut tentu saja juga belum termasuk para jamaah yang tengah melakukan umroh. Hmm... bisa-bisa setiap tahunnya lebih dari 500 ribu warga negara Indonesia mengunjungi tanah suci. Mungkin saja sih, dan mungkin lebih.
Nah, masalah makanan tentunya di Mekkah juga terdapat beberapa pilihan menu masakan khas nusantara. Lalu, di mana saja Anda bisa menemukan masakan-masakan tersebut? Kebingungan bukan. Nah, berikut ini ada beberapa tempat yang bisa didatangi, ini saya ambil dari beberapa artikel.

Jeddah

Di kota yang menjadi tempat berlangsungnya wukuf ini, terdapat beberapa tempat yang bisa didatangi untuk bisa memperoleh masakan khas Indonesia. Pertama, di tempat bernama Balad misalnya, terdapat tiga tempat kuliner Indonesia yang ramai. Tiga tempat tersebut adalah Warung Bakso Mang Oedin, Rasela serta Restoran Garuda. Khusus untuk Rasela, ini katanya sang pemilik berasal dari Bandung. Namanya pun dikatakan kependekan dari RAjawali SELAtan, Bandung. Nggak tau juga apakah di Bandung emang ada ya jalan Rajawali Selatan? Mungkin untuk yang satu ini Momod Deffa bisa jawab.

Untuk pilihan lainnya, Agan bisa datang ke kawasan Syarafiah. Di sini, terdapat berbagai restoran dari kelas warteg ataupun kelas atas yang bisa ditemukan. Bahkan saking awamnya ini tempat bagi jamaah Indonesia, kawasan ini kerap disebut sebagai Kampong Jawa. Di tempat ini, agan bisa nemuin restoran betawi yang konon pemiliknya adalah orang Jakarta asli, tepatnya di Tebet, Jakarta Selatan.

Makanan yang bisa ditemukan di sini pun beragam. Agan bisa menikmati masakan berupa gado-gado, karedok, pecel lele ataupun semur jengkol yang baunya kagak nahan entu. Tak ketinggalan, agan juga dapat menyegarkan dahaga dengan minum es cendol. Komplet kan?

Madinah

Di kota Madinah, juga terdapat beberapa pilihan. Yang pertama, agan bisa datang ke tempat yang namanya Bakso Si Doel Anak Madinah. Si Doel, mungkin cukup aneh ya kenapa ada nama Si Doel di restoran ini, apa yang punya restoran ngefans dengan film Si Doel anak Betawi? Ternyata tidak mas bro dan sis. Ini restoran ternyata dulunya punya Rano Karno yang merupakan pemeran dari Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolah. So, that's the story bout this restaurant's name.

sWjPhqCKBk.jpg

Sesuai namanya, tempat ini menyajikan bakso sebagai sajian utamanya. Rasa yang ditawarkan pun beragam, seperti bakso jawa, bakso khas Solo dan bakso Doel. Sebagai tambahan, agan juga bisa merasakan masakan lain seperti soto Betawi, sop buntut, rawon Surabaya, pecel Madiun dan sayur lodeh.

Lokasi Bakso Si Doel Anak Madinah pun berdekatan dengan Masjid Nabawi. Bahkan restoran ini juga menghadap lurus ke arah masjid. Jadi, agan nampaknya tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat makan yang satu ini.

Mekkah

Untuk di Mekkah, jamaah tidak terlalu sulit untuk menemukan pilihan kuliner khas Indonesia. Terutama yang tengah dalam ritual ibadah haji, bisa menemukan banyak pilihan masakan khas tanah air di sekitar kompleks maktab jemaah haji di mana banyak terdapat penjual musiman. Namun, kalaupun ingin menemukan tempat lain, juga bisa tentunya.

Bakso Mang Oedin juga bisa ditemukan di kota Mekkah, tepatnya di samping Masjidil Haram. Selanjutnya, ada Restoran Indonesia yang berada di Kakiyah. Sajian masakan di sini pun beragam, seperti ayam goreng, ayam bakar ataupun ayam penyet. Agan bebas memilih. 

photo-759907.JPG

Ada juga Restoran Surabaya yang berada di dekat Syb Amir. Pilihan lainnya, Restoran Jayakarta di dekat Masjid Bin Baz Aziziyah, Zahid Restoran di Jalan Ibrahim al-Halil, Misfalah. Kalau Agan pengen masakan khas Palembang, bisa datang ke Restoran Wong Kito yang ada di Jarwal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar