Surya, Kamis 10 Nopember 2011, Hal 1
Muntah-muntah setelah Makan Tumis

MAKKAH - SURYA. Puluham jemaah haji asal Surabaya berangsur pulih kesehatannya sesudah keracunan makanan katering di Mina. Keracunan dialami jemaah di maktab 71 yang total jemaahnya sebanyak 329 orang dam kel0mp0k terbang (kloter) Surabaya, DKI, Jakarta, Aceh serta Makassar. Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, Rabu (9/ 11), dari 329 jemaah yang keracunan terdapat delapan orang diopname Empat jemaah sudah diperbolehkan pulang Selasa (8/11), dan empat jemaah sisanya pulang Rabu (9/1 1). 
 
Kepada Surya, Gus Ipul yang saat ini menunaikan ibadah haji berharap keluarga jemaah haji di tanah air, tenang dan sabar. Karena Kementerian Agama RI langsung merespons kasus keracunan, bahkan Menteri Agama Suryadharma Ali memberlakukan status kejadian luar biasa (KLB), sehingga penanganan korban bisa segera dilakukan, Gus Ipul mengatakan, Kementerian Agama langsung menghentikan kontrak dan memblacklist penyedia katering bcrsangkutan. Sementara itu Menteri Agama Suryadharma Ali menginstruksikan kepada pihak terkait untuk melakukan investigasi terhadap kasus keracunan makanan yang dikonsumsi jemaah hingga menyebabkan diare, termasuk kemungkinan adanya sabotasc. 
 
Khusus untuk perusahaan katering yang menyediakan makanan pada saat itu, tegas menteri, dirinya sudah mengambil langkah tegas yaitu memasukam dalam daftar hitam. Diuraikan Menag, kejadian dimulai pada Senin (7/11) pukul 19.00 waktu Arab Saudi (WAS) saat makan malam di maktab dan pada jam 24.00 WAS sejumlah jemaah, mengalami diare berat. Mereka muntah—muntah setelah makan sayur tumis. 
 
 

About the Author

Nur Anisah Majid S.H., M.Si
Kantor Perwakilan Arminareka Perdana. Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya. Telp: SIMPATI: 081-332-99-88-66 (WA), XL: 0878-5180-3366, INDOSAT: 08585-268-5353, PIN BB: NurAnisa, Email: arminarekacabang@gmail.com !

Related Posts

0 komentar