Jawapos, Metropolis, Senin, 15 Oktober 2012, hal 29 & 39 – Keluhan kembali dirasakan Calon Jamaah Haji (CJH) asal Embarkasi Surabaya. Jika sebelumnya merasa tidak diperhatikan oleh petugas kesehatan di Tanah Suci dan pemondokan yang terlalu jauh, kini mereka mengeluh terbatasnya persediaan air.

Calon Jamaah Haji (CJH) yang mengeluh itu berada di maktab nomor 27. Maktab tersebut terdiri atas 11 lantai. Setiap lantai berisi 100 CJH. Air yang disediakan di setiap lantai hanya tiga dispenser. Masing – masing dispenser dijatah 3 galon. 

Ketika satu gallon dipasang di masing-masing dispenser, tidak sampai satu jam air sudah habis. Galon diganti dengan yang baru pada siang, tepatnya saat jam makan siang. Sebelum masa itu, tidak ada penggantian gallon. CJH terpaksa menghemat keperluan air untuk minum. 

Matdjuri, salah seorang CJH mengatakan, total air mineral yang disediakan 180 liter. Jika dibagi untuk CJH satu lantai, setiap orang mendapatkan 1.8 liter.”Jumlah itu tentu tidak cukup,”katanya 

Dia mencontohkan, ketika berada di Surabaya, 1.8 liter air tidak cukup untuk satu orang. Apalagi di Makkah, suhu saat ini mencapai 38 derajat celcius. Kebutuhan air pasti lebih banyak. Kenyataannya, ketersediaan air sangat sedikit,” ujarnya 
Kondisi itu dinilai menghambat aktivitas CJH di Tanah Suci. Banyak yang kehausan dan terancam dehidrasi sehingga tidak leluasa dalam menjalankan ibadah. Ditambah lagi, CJH kesulitan untuk menyampaikan keluhan tersebut karena pelayanan dari hotel memang dipatok 3 galon untuk setiap dispenser. 
Matdjuri berharap keluhan itu bisa ditindaklanjuti. Dia meyakini, tidak hanya maktab yang bernasib demikian. Kondisi yang sama juga bisa terjadi di maktab yang lain. “Kami berharap ada penambahan jatah air agar CJH tidak kesulitan lagi,” katanya. (Baca : Jamaah Haji Reguler Jawa Timur Mengeluh : Sulit Air hingga Jauhnya Maktab)

Human Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Jatim Fatchul Arif mengatakan bahwa keluhan itu akan menjadi masukan bagi penyelenggara. Dia juga berjanji segera berkoordinasi dengan panitia di Tanah Suci. “Kami segera informasikan ke sana,”ujarnya 

Arif juga berjanji untuk menindaklanjuti segala keluhan CJH di Tanah Suci. Dia mencontohkan persoalan pelayanan kesehatan yang kurang memuaskan. Pihaknya sudah melapor ke PPIH di Tanah Suci dan petugas bersangkutan diimbau agar lebih maksimal dalam menjalankan tugasnya. “Begitu juga persoalan keterbatasan air mineral,”ungkap Arif

Dia berharap CJH tidak segan segan memberikan informasi apa pun kepada petugas, baik di Tanah Suci maupun di Tanah Air. Informasi itu tidak akan berhenti di satu orang, melainkan ditindaklanjuti agar CJH nyaman dalam menjalankan ibadah.

Cara Mudah & Cepat Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah Tanpa Kendala Biaya


Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990 
Izin Umroh D/142 th 2009 & Izin Haji Plus D/80 th 2009 
Kantor Perwakilan Surabaya - Jawa Timur 
Divisi Marketing Lima Utama Sukses
Konsorsium Juanda Surabaya 
Jl. Semolowaru Elok AL 2
031-7111 3345

Kantor Pusat 
PT ARMINAREKA PERDANA 
Gedung Menara Salemba Lt.V
Jl.Salemba Raya No.05 Jakarta Pusat 10440
Telp : 021.3984 2982 , 3984 2964
Fax : 021.3984 2985

About the Author

Nur Anisah Majid S.H., M.Si
Kantor Perwakilan Arminareka Perdana. Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya. Telp: SIMPATI: 081-332-99-88-66 (WA), XL: 0878-5180-3366, INDOSAT: 08585-268-5353, PIN BB: NurAnisa, Email: arminarekacabang@gmail.com !

Related Posts

0 komentar