Tempo, Rabu, 17 Oktober 2012 - seluruh umat Islam yang melaksanakan ibadah haji akan menunaikan kegiatan utama mereka yaitu, Wukuf di Padang Arafah. Wukuf dilaksanakan saat siang hari, pada tanggal 9 Dzulhijjah dalam penanggalan Hijriyah. Wukuf ini dilakukan di padang luas, di sebelah timur, di luar kota Mekkah, Arab Saudi. Di daerah terbuka yang gersang tanpa bangunan inilah seluruh umat muslim berdiam diri dan berdoa selama beberapa berjam-jam.

Demi kelancaran pelaksanaan ibadah wukuf, tidak ada salahnya para Jemaah Haji melakukan persiapan. "Hari-hari di Arafah dan Mina merupakan puncak ibadah, puncak kegiatan, juga puncak kelelahan serta biasanya disertai tingginya angka jatuh sakit," ujar Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama, melalui surat elektroniknya, Rabu 17 Oktober 2012.

Tjandra pun membagi tips yang harus dipersiapkan sebelum pelaksanaan Wukuf. yaitu:
  • Menyiapkan tenaga di hari-hari sebelum Wukuf.Caranya, istirahat yang memadai dan mengurangi kegiatan yang tidak terlalu perlu, agar ibadah pada hari-hari Arafah Mina dapat dijalani dengan optimal
  • Mempersiapkan obat-obatan yang akan dibawa ke Arafah dan Mina
  • Mengetahui dengan pasti rencana jadwal perjalanan. Terutama jam keberangkatan ke Arafah, Muzdalifah dan Mina. Ini diperlukan agar jemaah haji tetap bersama rombongan.
  • Mengenal lokasi yang akan di datangi di Arafah dan di Mina
  • Mencari informasi tentang lokasi pelayanan kesehatan terdekat di Arafah dan Mina. Terutama di tenda-tenda tempat menginap. Menurut Yoga, selain pelayanan di kloter Kementerian Kesehatan juga menbuka pos kesehatan baik di Arafah maupun di Mina, lengkap dengan dokter spesialis serta peralatan kesehatan lapangan.
  • Mengetahui dimana lokasi pelayanan kesehatan disekitar tempat melontar jumroh. Terutama di sepanjang perjalanan dari tenda menginap ke lokasi tempat melontar jumroh.
  • Kenali tanda-tanda yang menunjukkan pos kesehatan dan juga Pos Kesehatan lain yang ada.
  • Berkonsultasi dengan petugas kesehatan kloter tentang persiapan kesehatan apa yang diperlukan menjelang hari-hari di Arafah dan Mina.

  Pendaftaran Online Haji Plus & Umroh

PT ARMINAREKA PERDANA SURABAYA
Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990
Izin Umroh D/146 th 2012 & Izin Haji Plus D/230 th 2012
Kantor Perwakilan Surabaya - Jawa Timur
Divisi Marketing Lima Utama Sukses
Konsorsium Juanda Surabaya
Jl. Semolowaru Elok AL 2
031-7111 3345
www.arminarekajatim.blogspot.com

KANTOR PUSAT PT ARMINAREKA PERDANA
Gedung Menara Salemba Lt.V
Jl.Salemba Raya No.05 Jakarta Pusat 10440
Telp: 021.3984 2982, 3984 2964 
Fax : 021.3984 2985
www.arminarekaperdana.com   

About the Author

Nur Anisah Majid S.H., M.Si
Kantor Perwakilan Arminareka Perdana. Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya. Telp: SIMPATI: 081-332-99-88-66 (WA), XL: 0878-5180-3366, INDOSAT: 08585-268-5353, PIN BB: NurAnisa, Email: arminarekacabang@gmail.com !

Related Posts

0 komentar