http://arminarekajatim.blogspot.com/2014/09/raja-saudi-biayai-haji-1000-warga-gaza.html

Raja Abdullah akan mendanai biaya haji 1.000 warga Gaza, Palestina, yang anggota keluarganya gugur dalam serangan Israel. Kabarnya, Raja Arab Saudi itu sendiri yang langsung mendukung mereka agar dapat menunaikan ibadah haji.

Israel melancarkan serangan udara tanpa henti terhadap Gaza pada 8 Juli di mana lebih dari 2.100 telah meninggal dan ribuan terluka.  Kesepakatan yang diumumkan pada 26 Agustus, menyatakan gencatan senjata “permanen” dengan Israel dalam kesepakatan yang ditengahi oleh Mesir.

Menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), sekitar 80% dari korban meninggal di Gaza adalah warga sipil, termasuk puluhan anak-anak dan perempuan.

Agresi militer Israel telah mengakibatkan sekitar 5.510 rumah hancur dan sekitar 31.000 rumah rusak sebagian, memaksa puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka untuk mencari perlindungan.

Menteri Urusan Islam, Wakaf, dan Bimbingan, Saleh Al-Asheikh, menghargai usaha Raja atas dukungannya untuk Palestina. “Ini merupakan bagian dari keramahan pemimpin kami yang menekankan bahwa Kerajaan kami bertugas melayani Islam, umat Islam, dan tempat-tempat suci,” kata Al-Asheikh, seperti dikutip dari Arab News, Selasa (9/9/14).

Al-Asheikh mengatakan, inisiatif berturut-turut sebanyak keenam kalinya itu merupakan bagian dari kelanjutan dukungan Saudi bagi rakyat Palestina. Kementerian akan mempersiapkan program khusus, demi membantu jamaah asal Palestina melakukan ritual agamanya dengan nyaman.

“Kementerian akan melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa mereka tetap nyaman dan melakukan haji dengan sukses," ujarnya. Di Gaza memang banyak umat Islam yang ditinggalkan keluarganya, akibat sikap Israel sejak beberapa bulan lalu.

“Ini penawaran khusus, yang didedikasikan untuk keluarga para pejuang Palestina yang telah gugur, diharapkan memiliki efek yang besar pada mereka yang akan meringankan penderitaan mereka. Pada tahun ini, jumlah warga Palestina yang melakukan haji atas biaya Raja akan mencapai 12 ribu dari keluarga para syuhada,” tambahnya.

“Kerajaan telah bekerja dalam segala situasi untuk memenuhi hak-hak sah rakyat Palestina untuk mencapai harapan dan aspirasi mereka. Kerajaan juga menggunakan semua kemampuannya untuk mencapai tujuan tersebut,” tambahnya.

Tagged as

About the Author

Nur Anisah Majid S.H., M.Si
Kantor Perwakilan Arminareka Perdana. Jl. Semolowaru Elok AL 2 Surabaya. Telp: SIMPATI: 081-332-99-88-66 (WA), XL: 0878-5180-3366, INDOSAT: 08585-268-5353, PIN BB: NurAnisa, Email: arminarekacabang@gmail.com !

Related Posts

0 komentar